Wacana Keilmuan dan Keislaman

Thursday, February 9, 2017




Hidup memang selalu menyajikan hal hal yang tak terduga. Kemaren, pas ketemuan makan siang dengan klien, aku bertemu dengan Daniel, teman sekelasku saat SMA. Setelah ngobrol sejenak, aku baru tahu, kalo ternyata restoran mewah ini adalah milik Daniel. Bahkan dia masih punya 2 lagi di tempat lain.
Jujur, aku sempat heran, bagaimana bisa si Daniel yang dulu selalu dibully teman teman karena langganan mendapat nilai jeblok di semua mata pelajaran bisa berubah menjadi seorang pengusaha sukses seperti ini..?? Belum sempat aku memikirkan kemungkinan kemungkinannya, dengan antusias Daniel mengajakku menuju ke ruangannya.
Begitu kami duduk, sepertinya Daniel bisa membaca isi pikiranku. Dengan tersenyum dia bilang, ”Kamu pasti herankan aku bisa seperti ini?.” Belum sempat aku menjawab, Daniel langsung berdiri, mengambil sebuah buku yang ada di meja kerjanya. Ia sodorkan buku itu ke arahku sambil berkata, ”Semua berkat buku ini, Adversity Quotient, Paul G Stoltz.”
Hmm..iya sih, buku itu memang keren. Di situ, Paul G Stoltz mengemukakan satu betuk kecerdasan baru, namanya Adversity Quotient atau AQ, kecerdasan untuk mengatasi kesulitan. Dengan adversity quotient yang memadai, seseorang mampu mengubah suatu hambatan menjadi peluang.
Sebagai gambaran, Stoltz memakai terminologi pendaki gunung. Stoltz membagi para pendaki gunung menjadi 3 bagian. Yang pertama adalah Quitters. Para Quitters ini adalah mereka yang sekedar bertahan hidup. Mudah putus asa dan menyerah di tengah jalan.
Sedangkan yang kedua adalah Campers. Campers adalah mereka yang berani mengambil resiko, tetapi resiko yang aman aman saja dan terukur. Cepat puas dan berhenti di tengah jalan. Dan yang ketiga adalah Climbers, yaitu para pendaki yang terus berani menghadapi berbagai resiko. Need of achievement mereka begitu tinggi. Jadi tidak mengherankan kalau merekalah yang selalu berada di puncak.
So, what are you wanna be? Quitters? Campers? or Climbers? Choice is yours..
9:10 PM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search