Wacana Keilmuan dan Keislaman

Saturday, March 11, 2017




TAHUKAH KAMU ARTI AL-BAASITH.?


Sifat Allah Al-Baasith  ini berlawanan dengan sifat Allah Al-Qoobidh. Al-Baasith artinya Maha Melapangkan. Jika Allah sayang kepada hamba-Nya, Dia Maha Berkehendak untuk mempermudah dan melepangkan urusan hamba-Nya itu.



KEBERATAN ATAS PERINTAH ALLAH


Ketika turun ayat :

لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
" Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al-Baqarah [2]: 284)

Para sahabat menemui Rasulullah dan berkata, "Ya Rasulullah, kami telah dibebani berbagai amal yang dapat kami kerjakan seperti shalat, puasa, jihad, dan sedekah. Kami tidak sanggup mengamalkan ayat tersebut."

Rasulullah SAW bersabda, "Apakah kamu hendak mengatakan apa-apa yang telah dikatakan para Ahli Kitab terdahulu, yaitu 'kami mendengar, namun kami mendurhakainya.?' Akan tetapi, katakanlah olehmu, 'kami mendengar dan kami taat. Ampunilah kami, ya tuhan. Kepada Engkaulah tempat kembali."

Setelah para sahabat menyadari kesalahannya, mereka mengatakan, "Kami dengar dan kami taat. Ya tuhan kami, ampunilah kami, dan kepada engkaulah tempat kembali." Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Seseorang mendapat pahala dari kebaikan yang diusahakannya dan mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya.

Kita tidak boleh membantah perintah-Nya karena Allah SWT tidak akan  membebani suatu perintah di luar kemampuan hamba-Nya. Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan kelapangan. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Baasith, yaitu Maha Melapangkan.
2:47 PM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search