Wacana Keilmuan dan Keislaman

Sunday, March 5, 2017




TAHUKAH KAMU ARTI AR-ROHMAN?

Sifat Allah yang berarti Maha Pemurah dan selalu mengasihi setiap makhluk-Nya disebut Ar-Rohman. Rahmat Allah meliputi segala sesuatu, baik di dunia maupun di akhirat. Allah SWT akan mengasihi kita, jika kita pun selalu mengasihi semua makhluk ciptaan-Nya.



UNTA BERBICARA KEPADA RASULULLAH SAW

Ketika Rasulullah SAW pulang ke rumahnya, beliau melihat beberapa kucing sedang tidur diatas jubah yang hendak dipakainya. Sikap beliau yang pengasih, membuatnya enggan mengambil jubah itu. Kemudian, Rasulullah SAW menggunting sebagian jubah yang ditiduri kucing-kucing tersebut untuk dipakainya. Dengan demikian, kucing-kucing itu tidak terganggu tidurnya. Ada juga cerita ketika Rasulullah SAW sedang berjalan-jalan dipasar, dan melihat seekor unta yang berlari kencang. Orang-orang dipasar berlari panik menghindari unta itu. Akan tetapi, ketika unta itu sampai di depan Rasulullah SAW, ia menjadi jinak. Beliau pun mengetahui penyebab unta itu lari karena lapar. Tak lama, si pemilik unta datang terengah-engah sambil mengucapkan terima kasih kepada beliau.  

"Mengapa engkau tidak memberikan makanan yang cukup untuk unta ini.? Ia mengadu lapar kepadaku. Kalau engkau dapat menjaganya dengan baik, ia tidak akan lari," kata Rasulullah SAW kepada si pemilik unta.

Lalu, peilik unta itu mengakui kesalahannya. Sejak saat itu, ia sadar bahwa untapun harus dikasihi dan dirawat dengan baik.

Dari kisah diatas, kita dapat mengerti bahwa hewan juga ciptaan Allah SWT yang harus dikasihi. Kita harus memiliki sifat pengasih kepada makhluk lain, sebagaimana Allah SWT memiliki sifat pengasih epada Makhluk lain, sebagaimana Allah SWT memiliki sifat Maha Pengasih (Ar-Rohman). Allah telah menciptakan makhluk-Nya dan memberikan segala kebutuhan-Nya didunia ini. Makanan, minuman, tempat tinggal, dan kenikmatan lainnya merupakan bentuk Maha Pemurah/Pengasih-nya Allah kepada kita. Kemudian di akhirat nanti, Allah SWT akan memberikan surga yang penuh kenikmatan bagui kita yang taat beribadah kepada-Nya.
11:36 AM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search