Wacana Keilmuan dan Keislaman

Thursday, April 2, 2020



TAHUKAH KAMU ARTI AL-'ADL.?

Allah SWT Maha Adil terhadap setiap hamba-Nya. Semua balasan pahala yang diberikan Allah, sesuai dengan apa yang telah diperbuat hamba-Nya di dunia. Dengan demikian, Allah memiliki nama Al-'Adl.



KHALIFAH YANG ADIL 

Pada suatu malam, Khalifah Umar bin Khathab sedang berkeliling dari sebuah rumah gubuk. Setelah diperhatikan, ibu anak itu sedang memasak sesuatu. Namun, masakannya tidak matang - matang sehingga anaknya tertidur dalam kelaparan.
Kemudian, Khalifah Umar bin Khathab mengucapkan salam dan meminta izin untuk masuk. Wanita itu tidak tahu bahwa tamunya adalah Khalifah Umar. Ibu itu mengadu bahwa ia dan anaknya sudah berhari-hari tidak makan. Jika anaknya, menangis karena lapar ia akan berpura-pura memasak dengan memasukkan beberapa butir batu ke dalam periuk. Melihat itu, anaknya akan diam sebentar karena menyangkan ibunya memasak sesuatu.
Mendengar kesedihan si ibu, Khalifah Umar segera pergi ke Baitul Mal dan mengambil beberapa karung gandum. Setibanya di rumah si ibu, Khalifah memasak sendiri gandum itu dan menghidangkannya untuk mereka.
Khalifah Umar telah berbuat adil dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin dengan baik. Ia bersedia melayani rakyatnya yang sedang kesusahan.
12:10 AM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search