Wacana Keilmuan dan Keislaman

Wednesday, April 1, 2020




TAHUKAH KAMU ARTI AL-HAKAM.?


Kehidupan kita diatur oleh hukum dan aturan. Coba bayangkan jika semua didunia ini tidak ada peraturannya, tentu akan kacau balau bukan.? Semua orang akan bebas berbuat sesuka mereka. Sebagai umat islam, hukum yang harus kita utamakan adalah hukum Allah SWT yang bersumber dari AL-Qur'an dan hadits. Allah berhak untuk membuat hukum dan peraturan bagi makhluk ciptaan-Nya. Oleh Karena itu, Allah memiliki nama Al-Hakam.



RASULULLAH SAW MELAKSANAKAN HUKUM ALLAH


Rasulullah yang mulia, meminta kepada sahabat - sahabatnya untuk membalas perbuatan beliau jika ada yang telah disakitinya. Kemudian, seorang sahabat bernama Ukasyah bin Muhsin mendekati Rasulullah. Dia mengaku pernah terkena cambuk Rasulullah ketika perang badar.
Rasulullah berkata kepada Ukasyah, "Cambuklah, Jika benar aku telah memukulmu." Rasulullah pun membuka bajunya hingga tampak punggungnya yang putih dan bersih. Melihat hal itu, para sahabat menundukkan kepala serta meneteskan air mata karena sedih.
Namun, ketika berada di dekat Rasulullah dan melihat punggung beliau, ukasyah langsung memeluk pinggang beliau dan menciuminya. Ternyata, ukasyah tidak bermaksud menuntut balasan dari rasulullah. ia hanya ingin menempelkan tubuhnya ke tubuh Rasulullah yang mulia.
Kisah Rasulullah tersebut dapat kita teladani untuk selalu menaati hukum Allah. Meskipun Rasulullah adalah seorang utusan Allah yang suci dan mulia, beliau tetap memegang teguh aturan Allah SWT. 
11:52 PM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search