Wacana Keilmuan dan Keislaman

Tuesday, March 7, 2017




TAHUKAH KAMU ARTI AL-MUTAKABBIR


Allah Maha Pemillik Keagungan. Dia memperlihatkan kebesaran-Nya pada segala peristiwa. Al-Mutakabbir adalah nama yang hanya pantas bagi Allah. Tak ada satu makhluk pun yang berhak mempunyai nama ini.



KERENDAHAN HATI KHALIFAH UMAR BIN KHATHAB


Umar Bin Khathab adalah seorang khalifah yang jujur, rendah hati, dan bijaksana. Ia sangat disegani rakyatnya. Kepada siapapun, Umar Bin Khathab tidak pernah berbuat zalim. Pada suatu hari, Ia mengangkut air sendirian.

"Wahai Amirul mukminin, mengapa anda mengangkut sendiri air itu.? Anda bisa memerintahkan orang lain untuk membawanya," Kata salah seorang sahabatnya.

"Hal ini aku lakukan agar tidak ada kesombomgan dalam diriku. kalau aku menyuruh orang lain, sifat sombong akan segera timbul dalam hatiku. Oleh karena itu, kuangkut sendiri air ini untuk menundukkan sifat smbong dalam hatiku," jawab Umar Bin Khathab.

Demikianlah Kerendahan hati Umar Bin Khathab. Ia tidak memiliki sifat sombong sedikitpun, karena hanya Allah yang berhak menyombongkan diri atas segala kekuasaan dan keagungan-Nya. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Mutakabbir, yaitu Maha Pemilik Keagungan.
11:26 AM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search