Wacana Keilmuan dan Keislaman

Tuesday, March 7, 2017




TAHUKAH KAMU ARTI AL-WAHHAAB.?


Allah SWT Maha Pemberi sesuai dengan nama-Nya, Al-Wahhaab. Allah telah memberikan mata kepada kita untuk melihat. Memberikan telinga untuk mendengar. Memberikan mulut untuk berbicara, dan pemberian lainnya yang tak terhitung. Semua itu harus kita Syukuri.



RASULULLAH SAW YANG DERMAWAN


Pada suatu hari, setelah selesai shalat berjamaah di masjid, Rasulullah tampak tergesa-gesa pulang ke rumahnya. Setibanya di rumah, beliau menyuruh pembantunya untuk memanggil para fakir miskin. Beliau ingin berbagi rezeki dengan mereka.

Pada hari yang lain, Rasulullah pergi ke pasar dengan membawa uang sebanyaka 8 dirham. Beliau akan membeli sehelai kain. Di tengah jalan, Rasulullah bertemu dengan seorang budak perempuan yang sedang menangis. Gadis itu tidak berani pulang karena takut dimarahi oleh tuannya, karena telah menghilangkan uang sebanyak dua dirham. Akhirnya, beliau memberikan uang dua dirham kepada budak itu.

Dengan sisa uang enam dirham, Rasulullah membeli kain sarung seharga empat dirham. Ketika pulang, Rasulullah bertemu dengan seorang bapak tua yang memakai kain compang-camping, hingga terlihat sebagian auratnya. Rasulullah pun memberikan kain sarung yang baru dibelinya kepada oang tua itu. Kemudian, beliau kembali ke pasar dengan sisa uang du dirham, dan membeli sarung dengan harga lebih murah.

Sungguh dermawan sikap Rasulullah. Kita juga harus memiliki sifat pemberi, terutama kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Sebagaimana Allah memberikan karunia kepada setiap makhluk-Nya. Oleh karena itu, Allah memiliki nama Al-Wahhaab, yaitu Maha Pemberi.
3:36 PM   Posted by My Science in with No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search